Selasa, 18 Maret 2008

Study Tour ke Xiamen

Pada tanggal 20 Desember 2007 kmaren, beberapa siswa sekolah kita dikirim untuk ngikutin program study tour ke Xiamen yang diadain sama pemerintah setempat, Qiao Ban Fujian. Siswa yang dikirim tuh siswa-siswa yang dinilei cukup bisa berbahasa Mandarin. Ada 6 siswa yang kepilih, yaitu Dewi Sartama., Maria Fransiska Ngiaw., Samuel S. Tatang (9A), Siska Sugiaman (8B), Kevin YW, dan saya sendiri dari kelas 9B. Dari bandara Soekarno-Hatta, kita berangkat bareng 11 orang lainnya yang dari Semarang dan Jakarta. Awalnya kita sama sekali nggak kenal satu ama lain, terus waktu di pesawat duduk sebelahan dengan orang ga kenal, suasananya ga enak banget. Saya sendiri duduk di seat tengah, sebelah kanan-kiri saya adalah Albert dan Kevin CW dari Jakarta. Kita baru berani nyapa satu sama lain waktu kita disuruh ngisi formulir imigrasi yang dikasih sama laoshi kita, tapi setelah itu suasananya balik seperti semula lagi, diem-dieman.. Setelah 5 jam penerbangan yang bosenin abis, akhirnya kita sampe juga di Guangzhou..

Hari pertama, Guangzhou

Sesampainya di bandara Baiyun Guangzhou, kita sibuk ngurusin berbagai hal dari imigrasi sampe pengambilan bagasi dan akhirnya memulai aktivitas. Pertama-tama kita pergi ke tempat bersejarah yang indah banget, yaitu Sun Yat Sen Memorial. Di sana kita lihat-lihat barang-barang peninggalan sejarah sambil dengerin penjelasan tour guidenya, meskipun kita nggak terlalu ngerti karena dia ngomongnya cepet banget. Kalau ngejelasinnya sambil jalan-jalan apalagi, hehe, kita biasanya cuma bisa nangkep satu-dua kata, tapi tetap saja kita dapat pelajaran karena kalimat-kalimat yang ga bisa kita tangkep akhirnya diterjemahin sama Cai Laoshi, guru bahasa Mandarin SD kita. Setelah puas melihat-lihat, kita diberi waktu bebas kira-kira setengah jam untuk berfoto-foto dan beli cinderamata. Saya senang banget karena banyak objek foto yang bagus-bagus, cinderamata yang dijual juga lucu-lucu, tapi sayang harganya lumayan mahal.

Setelah dari Sun Yat Sen Memorial, kita pergi ke objek wisata lainnya. Meskipun tempat kali ini bukan tempat bersejarah, tapi tempatnya nggak kalah indah. Yang ini lebih indah, malah.. Tempat ini adalah taman tempat orang-orang bisa nyantai, namanya Luhu Park.. Di tengah-tengah taman ada ukiran batu berbentuk tiga kambing yang besar banget. Tempat ini indah sekali, ditambah lagi udara yang sejuk dan segar, bebas dari polusi. Di sana kita foto-foto, beli cinderamata dan main bareng. Akhirnya kami ber-16 bisa main bersama juga, hehe, meskipun belum ngobrol sih.. Setelah waktu habis akhirnya kita pergi ke hotel.

Hotel tempat kita nginap namanya Hotel Canton. Hotel ini bintang 4 dan nyaman banget. Kami dapat jatah 1 kamar berdua, saya sekamar sama Dewi. Setelah istirahat sejenak terus mandi, kita turun ke restoran buat makan malem. Makanan yang dihidangkan bener-bener khas China, bermacem-macem dan diawalin dengan sejenis sup. Kalo nggak salah makanannya waktu itu ada 7 atau 8 macem dan porsinya besar-besar, sementara di rombongan kami nggak ada yang makannya banyak, kecuali Cai Laoshi, haha.. Jadi ya malem itu makanannya sisa banyak. Seudah makan, kita ngumpul di kamar Laoshi untuk doa malem bareng anak-anak dari Jakarta karena entah knapa, anak-anak dari Semarang nggak ikut ngumpul. Seudah doa bersama kita pun balik ke kamar masing-masing dan istirahat.

Hari kedua, Guangzhou-Xiamen

Keesokan harinya seudah sarapan kita diberi waktu untuk shopping. Di dekat hotel kita ada distrik shopping yang bagus dan besar banget.. Setelah puas shopping, di siang hari, kita langsung naik bus ke bandara Baiyun Guangzhou dan menuju Xiamen. Di bandara sempet terjadi insiden, salah satu temen kita dari Semarang kehilangan HPnya.. Ahaha.. Tapi setelah beberapa saat nyari HPnya ketemu juga, hehe, gampang aja karena tinggal nanya dan minta bantuan petugas bandara. Dari sini keliatan efisiensi kerja para staff dibandingin dengan staff Indonesia. Lagian temen kita yang satu ini bahasa Mandarinnya udah fasih banget. Kita nunggu pesawat dateng selama beberapa jam, tapi nggak bosan karena kita seneng lihat-lihat, lagian salah satu temen kita yang dari Jakarta orangnya rame banget. Setelah pesawatnya dateng, kita naik terus terbang ke Xiamen. Perjalanan ke Xiamen kira-kira 1 jam lebih.

Sesampainya di Xiamen hari udah malem. Saat itu kira-kira jam 20.00, suasana udah gelap. Kita naik bus ke asrama. Nggak disangka, asramanya bagus banget, nggak kaya asrama yang disewakan gratis. Sebelum masuk, kita dikasih name tag dan makanan juga minuman. Di asrama tersebut ternyata nggak cuma kita doang, banyak juga temen-temen kita dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Surabaya, Medan, Lampung, Cirebon, dan Bandung. Waktu itu lobby penuh banget karena pembagian kamarnya ternyata belum selesai.. Kali ini satu kamar ditempatin 4 orang. Saya, Dewi, Maria dan Siska sekamar, sementara Kevin dan Samuel sekamar sama temen-temen dari Semarang. Setelah masuk kamar kita mandi dan beres-beres, nyimpen pakaian-pakaian kita di lemari-lemari yang udah disediain karena kita bakal menetap di Xiamen selama kira-kira 2 minggu..

Hari ketiga-minggu kedua, Xiamen

Selama di Xiamen kita ngelakuin berbagai aktivitas, kebanyakan sih didominasi sama belajar di sekolah. Universitas tempat kita belajar namanya JiMei Daxue. Selain belajar di sekolah kita juga mengunjungi objek-objek wisata dan sekolah-sekolah lokal, yang jelas selama dua minggu kita nggak pernah bosen deh.. Selain mengunjungi objek-objek wisata kita juga diberi waktu untuk jalan-jalan sendiri. Di sekitar kompleks sekolah banyak banget tempat shopping barang-barang khas Xiamen yang harganya murah-murah. Karena Xiamen kota kecil, kebudayaan China kerasa kental banget di sekitar kita. Banyak jajanan tradisional yang masih eksis. Di kota-kota besar kaya Beijing biasanya susah nemuin jajanan-jajanan semacem yang kita temuin di Xiamen. Hampir setiap malem seusai sekolah dan acara kebersamaan, rombongan Tasik-Jakarta-Semarang berjalan-jalan bareng. Setelah beberapa hari akhirnya kita yang tadinya sama sekali nggak kenal, jadi sahabatan. Pokoknya kenangan di Xiamen bener-bener berkesan. Dari Natal sampe taun baru kita rayain bareng teman-teman baru.

Setelah belajar selama hampir 2 minggu, akhirnya tiba waktunya kita pulang ke Indonesia (hiks.. T.T). Acara perpisahan waktu itu meriah banget. Kita masing-masing dikasih sertifikat yang nandain kalo kita udah belajar di Xiamen. Setelah dari Xiamen, kita rombongan Tasik-Jakarta-Semarang naik bus bareng-bareng ke Shenzhen. Kita udah nggak bareng temen-temen dari daerah-daerah lain, soalnya mereka udah pulang duluan dua hari sebelumnya.

- LF

Hari ke tiga terakhir, kita semua pergi ke Shenzhen.. Dari Xiamen, kita naik bus lamaaa amat.. Ampir 7 jam kali... Seharian diabisin di dalem bus... Sampe ke Shenzhen tau-tau udah malem.. Udah malem kira-kira jam setengah sebelas kita langsung tidur... Ada juga sih yang nekat... Jam segitu masih keluar.. Katanya mau jajan... Tapi pada nggak balik... Nggak tau deh pada ngapain.. Yang penting harus cepet tidur supaya besok bisa jalan2 lagi (cihuy!).. Zzzz...

Besoknya setelah breakfast di hotel, kita check out dari hotel.. Mau tau nggak mau ke mana abiz ini? Yap, ke salah satu tempat paling terkenal di sini... WINDOW OF THE WORLD! Rame amet tuh.. Di sana tuh ada miniatur bangunan seluruh dunia ... Baik yang perbandingan 1:1 kalo bangunannya nggak terlalu besar, sampe perbandingan 1:23 buat bangunan yang gede.. Di sana ada menara Eiffel terus ada Taj Mahal, menara Pisa, Grand Canyon, trus Air terjun Niagara, dll.. Waktu kita liat di peta, wah banyak amet tuh bangunannya... Sampe Candi Borobudur dari negara kita sendiri juga ada... Grand Canyonnya gede amet.. Terus ada miniatur padang pasir.. Di sana ada pyramid yang udah dikecilkan terus ada Sphinx-nya juga.. Di air terjun Niagara kita bisa juga lho ngerasain sensasi cipratan air yang walaupun agak jauh kita udah bisa ngerasainnya... Kemudian ada Dinosaur Park (dinosaurusnya gede amet kayanya dalem ukuran sebenarnya deh), Ice Land (kita bisa main ski dan ice skating di sini), sama banyak lagi.. Lalu ada Opera House Sydney yang wizz hebat amet, White House, trus ada Mount Rushmore.. Kita di sana juga nggak berhasil ngunjungin semuanya.. Dari pagi cuma sampe jam satuan...

Setelah makan siang kita lanjut lagi.. Kita ngunjungin Shenzhen Culture Village... Ini lebih besar sedikit dari Window of the World.. Sayanknya kita cuma bisa ngeliat bangunan bersejarah dari ZhongGuo (RRC) saja.. Uniknya di setiap belahan tempat, pasti ada tempat untuk suguhan tari-tarian yang sangat memukau.. Kita harus berjalan cepat sebab acaranya hanya dimulai di jam-jam tertentu saja.. Tarian dari berbagai negara di seluruh dunia.. Kita bisa memperkaya pengetahuan tentang budaya dari berbagai negara di dunia.. Ada tarian kuda, tarian suku-suku Afrika, dan masih banyak lagi.. Pulang dari sana tau-tau udah malem...

Sisa waktu kita pulang ke Guangzhou dan pulang ke Indonesia... Udah kangen rumah... Acara Study tour ke Xiamen tuh nambah banyak pengalaman buat kita semua dan nambah kemampuan kita untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Mandarin.. Dan yang paling penting kita bisa nambah banyak relasi dengan anak-anak lain di sana...

Nih dia foto-foto perjalanan kita yang seru abis..