Selasa, 18 Maret 2008

Ekskul Fotografi

Di bagian ini saya akan khusus membahas komputer dan fotografi yang juga merupakan ekskul yang saya ikuti. Di sini, siswa-siswi mendapat berbagai pelajaran yang berguna seputar kedua bidang tersebut. Kegiatan ekskul ini biasanya dilaksanakan di lab komputer sekolah, namun saat praktek menggunakan kamera, siswa-siswi diperbolehkan berkeliling kompleks sekolah untuk mendapatkan objek foto yang baik. Sayangnya kami belum sempat melaksanakannya di luar kompleks sekolah, dan khusus kami yang saat ini duduk di kelas 9 mungkin tidak akan mendapatkan pengalaman tersebut karena kebijakan sekolah tidak memperbolehkan kami mengikuti ekskul sehubungan dengan adanya Ujian Nasional. Ekskul itu sendiri baru diadakan beberapa waktu lalu, kalau tidak salah baru dimulai sejak semester 1 sehingga belum banyak yang sempat saya pelajari. Meskipun begitu, saya merasa bahwa ekskul ini telah membawa banyak manfaat, diantaranya adalah pengalaman dari praktek langsung dan penilaian profesional (ciee) dari guru pembimbing.

Anggota

Anggota ekskul ini ada kira-kira 25 orang, terdiri dari murid-murid kelas 7, 8, dan 9, meskipun tampaknya kelas 9 lebih mendominasi. Meskipun gitu di sini semuanya harus bisa bekerjasama, hehe, ya iya la.. Nggak cuma di fotografi doang.. Salah satu tujuan diadakannya ekskul-ekskul ini kan supaya murid-murid dari tiap angkatan bisa berssialisasi satu sama lain dan bukannya diem-dieman seperti orang asing.. Terbukti siswa-siswi jadi lebih bisa bergaul, karena biasanya murid-murid junior suka meminta bantuan dari senior-seniornya, nah, kalau gini kan mau nggak mau harus nyapa..

Kegiatan-Kegiatan

Awal-awal dimulainya ekskul ini kami hanya mempelajari teori-teori seputar kamera dan foto. Antara lain fungsi dari masing-masing bagian kamera; misalnya diafragma, viewfinder, shutter, dan lain-lain. Kami juga diberitahu syarat-syarat foto yang baik mulai dari pencahayaan yang memadai sampai komposisi yang seimbang. Sebenarnya kita dulu bosen abis saat mempelajari teori-teori tersebut, namun terbukti semuanya itu nggak sia-sia saat kami mulai praktek. Semua yang diajarkan itu kami terapkan dalam tugas-tugas yang diberikan. Kami baru sempat praktek 3x, ditambah satu proyek yaitu membuat dokumentasi perayaan Natal tahun 2007.. Saat diberi tugas itu saya lupa tidak membawa kamera, jadi saya diberi tugas tersendiri, yaitu dokumentasi study tour ke Xiamen.

Praktek kami yang pertama adalah objek random seputar sekolah kami. Kami diperbolehkan mengambil lebih dari satu foto untuk kemudian dinilai oleh guru. Kelihatannya sih penilaiannya belum mempengaruhi nilai keseluruhan, soalnya kan baru pertama kali dan sifatnya masih coba-coba. Kedua, kami diminta mengambil foto dengan objek orang, yaitu teman-teman kami sendiri. Di lab komputer dipasang kain berwarna biru dan objek diminta berpose dengan latar belakang kain tersebut. Saya sempat disuruh jadi model juga, hehe, tapi yah akhirnya tidak becus juga sih, karena saya emang lebih suka berdiri di belakang daripada di depan kamera, hehe..

Ini dia beberapa contoh hasil foto-foto kita..








-LF

Tidak ada komentar: